Wacana Pemerintah Naikan Gaji ASN

aparatur sipil negaraKesejateraan ASN selalu menjadi topik hangat dalam pemerintahan. Terlebih beberapa menteri Kabinet Kerja menginginkan adanya wacana pemerintah naikan gaji ASN di Kementerian mereka. Hal ini didasarkan pada pelaksanaan reformasi birokrasi menuju good goverment namun remunerasi gaji ASN masih kecil.

Seperti yang disampikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti “Saya sudah dua kali bicara di Rakor Menko dan kabinet. Saya akan tekankan good goverment sangat tegas, tetapi remunerasi gaji ASN masih kecil,”. Pernyataan tersebut disampaikan saat memperingati Hari Anti Korupsi di Gedung Minabahari III, KKP, Jakarta (5/12/2014).

Wanita asal Pangandaran, Jawa Barat ini sudah menyuarakan keinginannya mengenai kenaikan gaji pada saat rapat-rapat tingkat menteri maupun bersama Presiden Joko Widodo. Namun, lanjut Susi, sebelum benar-benar keinginannya tersebut direalisasikan Jokowi, pihaknya tetap meminta agar seluruh pegawai ASN di KKP tetap bekerja secara sungguh-sungguh.

Namun wacana pemerintah naikan gaji ASN ditolak oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Yuddy Chrisnandi. Menurut Yuddy, ASN harus memperlihatkan kinerja dulu sebelum pemerintah menaikkan gaji.

“Tidak sekarang (kenaikan gaji ASN). Mereka harus tunjukkan kinerja dulu untuk membangun kepercayaan rakyat. Baru setelah kinerjanya terlihat mulai memikirkan kenaikan gaji,” kata Yuddy.

Menurut Yuddy, sekarang bukan momen yang tepat untuk ASN dinaikkan gajinya. Sebagai pelayan rakyat, kata dia, aparat negara harus meningkatkan kualitas layanannya dulu sebelum meminta kenaikan gaji.

Yuddy menegaskan, para ASN jangan khawatir pemerintah akan mengabaikan kesejahteraan mereka. Yang terpenting jalankan tugas sebagai abdi negara ASN harus berjiwa ikhlas dan penuh pengabdian melayani masyarakat’ Jika pelayanan publik sudah baik dan masyarakat puas dengan kerja ASN, kata dia, niscaya wacana pemerintah naikan gaji ASN akan menjadi kenyataan.

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2016