<

Tips Menghadapi Tes CAT CPNS

tips menghadapi tes cat cpns

Tes CAT CPNS merupakan tes yang memerlukan ketangguhan dalam penguasaan materi, pengetahun yang banyak serta penguasaan dalam hitung menghitung yang mumpuni serta ketepatan dan kecepatan dalam menjawab soal dengan waktu yang telah ditentukan. untuk mengatasi tantangan tersebut maka sebelumnya baca  tulisan pemerintah.net mengenai Persiapan Hadapi Tes CAT CPNS. Namun persiapan akan lebih baik jika kita mengetahui tips menghadapi tes CAT CPNS. Berikut pemerintah.net memberikan beberapa tips menghadapi tes CAT CPNS yang mudah-mudahan dapat berguna bagi kita semua. (Baca : Persiapan Hadapi Tes CAT CPNS)

Tips menghadapi tes CAT CPNS yang pertama adalah isilah jawaban dari seluruh soal tes CAT. Cara ini merupakan salah satu tips untuk terus mendapatkan nilai. Tentunya jika jawaban ada benar pada jenis soal wawasan kebangsaan dan intelengensia umum. Namun untuk soal dengan jenis tes karakteristik pribadi tentunya semua jawaban akan mendapatkan nilai, 5 poin untuk nilai tertinggi dan 1 poin untuk nilai terendah. Dan yang terpenting tidak ada nilai minus jika jawaban kita salah.

Tips yang kedua adalah kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Ingat janganlah kita membuang-buang waktu hanya untuk menjawab 1 soal yang rumit dengan menghitung atau mengingat-ingat jawaban dari soal tersebut. Anda tidak boleh berkutat untuk menjawab soal yang membingungkan Anda karena akan mengurangi fokus Anda untuk menjawab soal-soal berikutnya. Lewatilah pertanyaan yang menurut kita sulit dijawab dan lanjutkanlah kesoal berikutnya yang mungkin akan mudah kita jawab. Jika kita hitung dengan waktu yang diberikan sebanyak 90 menit dan jumlah soal sebanya 100 soal, maka waktu yang anda dapatkan hanya beberapa detik atau kurang dari 1 menit untuk menjawab 1 soal. Sehingga gunakanlah manajemen waktu yang baik dalam mengerjakan soal-soal CAT.

Terakhir, tips menghadapi tes CAT CPNS adalah dengan berdoa dan memohon restu dari orang tua. Ini merupakan tips non teknis yang tidak bisa kita lupakan dan kesampingkan. Wajib bagi kita yang beragamauntuk selalu berdoa bila menginginkan keberhasilan dan sukses dalam segala usaha yang sedang kita laksanakan dan jalankan. Apalagi doa adalah bagian yang tidak bisa kita pisahkan dalam kehidupan rohani.

Itulah beberapa tips yang dapat diberikan oleh Tim Pemerintah.net untuk menggapai sukses dalam seleksi CPNS tahun 2014 ini. Sebelumnya kami ingatkan kembali soal-soal tes dikerjakan dalam waktu 1,5 jam (90 menit) dan terdiri atas 100 soal Tes Kemampuan Dasar yang terdiri dari 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan dan 30 soal Tes Inteligensia Umum yang setiap soalnya bernilai 5 poin jika benar dan bernilai 0 jika salah, serta 35 soal Tes Karakteristik Pribadi yang setiap pilihan jawaban memiliki poin sendiri-sendiri, 5 poin untuk nilai tertinggi dan 1 poin untuk nilai terendah. Lolosnya peserta tes CPNS CAT ini ditentukan oleh pemenuhan nilai ambang batas dari masing-masing tes. (Baca Juga : Nilai Ambang Batas Tes CPNS Tahun 2014)

Meraih kesuksesan bukan perkara sulit jika kalian mengetahui tips menghadapi tes CAT CPNS. Kuncinya, cukup menjadi diri sendiri dan melakukan yang terbaik. Sukses bukan semata bertumpu pada hal-hal yang kalian lakukan. Lebih dari itu, kepercayaan diri pun sangat dibutuhkan.

 

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2018