<

TAHUN 2018, TIDAK ADA KENAIKAN GAJI PNS

Pemerintah.net – Pegawai Negeri Sipil harus bersabar di tahun 2018, hal ini disebabkan karena tidak ada kenaikan gaji pns dari pemerintah pusat. Informasi ini berdasarkan siaran pers dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) tanggal 12 Februari 2018. BKN menyebutkan bahwa sesuai dengan Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2018 belum ada rencana kenaikan gaji yang diberikan kepada PNS.

Tentu saja berita ini menjadi kabar yang kurang baik terlebih dalam beberapa tahun sebelumnya juga tidak ada kenaikan gaji PNS. Untuk kenaikan gaji PNS terakhir dilakukan pada tahun 2015 yaitu sebesar 6%. Sedangkan kenaikan gaji PNS secara signifikan terjadi pada tahun 2001 yang mencapai 270% pada saat ditetapkannya peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2001 tentang pengganti Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 1997 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS.

Sebagai gantinya Pemerintah tetap memberikan kompensasi berupa Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar gaji pokok yang diatur dalam undang-undang Nomor 15 Tahun 2017 tentang APBN 2018 dan Nota Keuangan APBN 2018. Sementara untuk sistem penggajian PNS masih mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan gaji PNS, dan sistem penggajian tersebut berlaku sama bagi PNS Pemerintah Pusat dan Daerah.

GAJI PNS PROFESI PNS

Sedangkan untuk PNS yang berprofesi sebagai guru tetap sama seperti PNS lainnya tidak ada kenaikan gaji. Hanya saja PNS Guru memperoleh tunjangan profesi guru yang diberikan kepada guru yang memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan atau profesionalitasnya, yang diatur dalam peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas PP Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Baca juga : Pemerintah Janji Naikkan Dana Tunjangan Profesi Guru

Sebagai informasi bahwa pada PP Nomor 7 Tahun 1977 diuraikan bahwa kenaikan gaji PNS dibagi ke dalam beberapa kategori, yakni :

  1. Kenaikan gaji berkala (KGB) setiap 2 tahun sekali;
  2. Kenaikan gaji istimewa (dengan hasil pelaksanaan kerja dengan kategori “Amat Baik”);
  3. Kenaikan gaji karena kenaikan pangkat; dan
  4. Kenaikan gaji karena Kebijakan Pemerintah (melalui Peraturan Pemerintah), yang mengikuti besaran inflasi yang tertuang dalam nota keuangan.

 

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2018