<

Sumpah dan Janji Presiden Indonesia

sumpah dan janji presiden

Tanggal 20 Oktober 2014 akan dilantik Presiden dan Wakil Presiden Indonesia baru pada masa jabatan 2014-2019 menggantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono. Presiden  terpilih adalah Joko Widodo dan dan Wakil Presiden terpilih adalah Jusuf Kalla. Acara pelantikan tersebut akan digelar di gedung DPR-MPR Senayan. Namun sebelum dinyatakan sah sebagai Presiden dan Wakil Presiden mereka harus mengucapkan Sumpah dan Janji Presiden Indonesia di hadapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Baca juga Sejarah Presiden Indonesia.

Sumpah dan Janji Presiden diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan UU Nomor 27 Tahun 2009 yang berbunyi :

Sumpah Presiden (Wakil Presiden) :

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa”.

Janji Presiden (Wakil Presiden) :

“Saya berjanji dengan sungguh-sungguh akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa”.

 Itulah sumpah dan janji presiden indonesia salah satu bagian dalam acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia yang akan diselenggarakan besok hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dan Acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia berjalan dengan lancar. pemerintah.net

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2018