SKP Bagi Peserta Tugas Belajar

Sasaran Kerja Pegawai (SKP) wajib disusun oleh setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) disetiap awal tahun sebagai rencana kerja PNS dalam 1 (satu) tahun kedepan. Ketentuan ini merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil. Namun bagaimana penyusunan SKP bagi peserta tugas belajar? Berikut penjelasannya.

PNS yang melaksanakan tugas belajar didalam maupun di luar negeri tidak wajib menyusun SKP pada awal tahun. Hal ini dijelaskan dalam Ketentuan pelaksanaan PP tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS yang tertuang dalam Peraturan Kepala BKN Nomor 1 Tahun 2013.

Namun untuk Penilaian prestasi kerja pada akhir tahun bagi mereka peserta tugas belajar dinilai oleh atasan langsung atau pejabat penilai dari unit kerjanya merujuk pada prestasi akademik dan unsur perilaku kerja.

SKP Bagi Peserta Tugas Belajar

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memberikan nilai pada prestasi kerja atau dalam hal ini prestasi akademik. Diantaranya adalah dengan melakukan perhitungan pada Indeks Prestasi Akademik pada semester ganjil dan semester genap.

Contoh :

Indeks Prestasi Akademik semester genap adalah 3,40 dan pada semester ganjil 3,25. Nilai Indeks Prestasi rata-rata adalah (3,40 + 3,25) : 2 = 3,32. Skala IPK yang ditetapkan = 4, sehingga penilaian SKP adalah (3,32 : 4,00) x 100 = 83 (Baik)

SKP Bagi Peserta Tugas BelajarUntuk pengisian unsur perilaku bagi PNS yang menjadi peserta tugas belajar dinilai oleh atasan langsung atau pejabat penilai. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah meminta informasi dari pimpinan perguruan tinggi atau kampus peserta tugas belajar berkaitan dengan kegiatan-kegiatan akademik ataupun bahan-bahan akademik lainnya.

Mudahan sekilas informasi SKP Bagi Peserta Tugas Belajar dapat bermanfaat bagi kita semua. Dibawah ini beberapa peraturan yang berkaitan dengan dasar pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Download :

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2016