Sistem Nasional Pemantauan Kekerasan

Sistem Nasional Pemantauan KekerasanPemerintah melalui Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan membuat sebuah Sistem Nasional Pemantauan Kekerasan yang baru saja diresmikan 2 Desember 2014 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Sistem Nasional Pemantauan Kekerasan merupakan sebuah terubosan pemerintah dalam bentuk sistem informasi yang mampu menyediakan data dan analisis tentang konflik dan kekerasan yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Tujuan membangun SNPK ini adalah untuk membantu pemetaan pemicu dan integritas konflik sehingga kita dapat mendeteksi masalah dengan lebih dan menyusun respon yang lebih terkoordinasi mencegah konflik yang efektif. Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, menyatakan SNPK merupakan terobosan sistem informasi yang menyajikan data dan analisis tentang konflik di Indonesia.

Proyek Sistem Nasional Pemantauan Kekerasan atau disingkat dengan SNPK dipimpin oleh Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), dengan dukungan Bank Dunia dan The Habibie Center. Kegiatan utama SNPK adalah:

  • pertama, pengumpulan data secara rinci dan berkala tentang kapan, di mana, bagaimana, dan mengapa kekerasan terjadi serta apa saja dampaknya;
  • kedua, analisis atas data yang sudah dikumpulkan dan penelitian mengenai konflik dan kekerasan. SNPK ditujukan sebagai bahan rujukan dalam penyusunan kebijakan serta program penanganan dan pencegahan kekerasan
 Sejak diresmikan sampai dengan bulan Desember 2014 ini, SNPK telah mengumpulkan data insiden kekerasan di 13 Provinsi. Pada Tahun 2014 SNPK telah mencakup 34 Provinsi dan dapat diakses secara online oleh publik melalui www.snpk-indonesia.com. Melalui pembuatan SNPK Indonesia memelopori upaya untuk mengkaji kaitan isu kekerasan dengan pembangunan secara lebih mendalam di Asia Tenggara.
The Habibie Center berperan menganalisis data kekerasan tersebut dan menerbitkan Kajian Perdamaian dan Kebijakan The Habibie Center secara berkala setiap 4 bulan sekali. Publikasi ini bertujuan menjelaskan tren dan pola baru yang muncul di provinsi sasaran program SNPK. Aktivitas lain yang menjadi bagian dari program SNPK adalah pembangunan Indeks Intensitas Kekerasan, Studi Tematis, Lokakarya Daerah, dan Seminar Nasional.

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2016