Perbaikan Implementasi Kurikulum 2013

kurikulum 2013

Pemerintah bertekad akan terus memperbaiki kekurangan dalam implementasi Kurikulum 2013. Hal ini didasarkan pada pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 di daerah masih carut marut. Guru masih kesulitan dalam menjalankan program pendidikan ini. Untuk itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan berbagai cara untuk mengefektifkan implementasi kurikulum 2013 yang merupakan penggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Salah satu cara untuk dilakukan untuk perbaikan implementasi kurikulum 2013 tersebut adalah dengan mendengarkan saran dan kritik dari para praktisi pendidikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menggelar pertemuan dengan praktisi pendidikan dan perwakilan organisasi profesi guru untuk mendengarkan saran dan kritik mereka tentang Kurikulum 2013. Pertemuan tersebut berlangsung di Gedung Ki Hajar Dewantara, Kemendikbud, Jakarta, (17/11/2014). Baca Juga : Dilarang gunakan hotel untuk rapat atau kegiatan dinas.

Beberapa hal yang disoroti para praktisi pendidikan antara lain mengenai kompetensi dasar (KD) dan indikator yang terdapat di dalam Buku Guru. Selain itu ada juga pembahasan mengenai pelatihan guru dan distribusi buku.

Mendikbud Anies mengatakan semua kekurangan dalam implementasi Kurikulum 2013 bisa diperbaiki seiring berjalannya waktu. “It’s a matter of time. Terima kasih atas rekomendasinya,” ucapnya.

Ia juga menekankan bahwa semua perbaikan akan dilakukan untuk kepentingan anak-anak dan pendidikan di Indonesia. “Kita meneruskan niat baik, sehingga benar-benar menjadi sebuah kurikulum yang kelak kita syukuri, sehingga anak-anak juga bersyukur,” tuturnya. Baca Juga : Guru dan Orang Tua Penting dalam Pendidikan Anak.

Dalam pertemuan tersebut Mendikbud didampingi Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im. Selain itu hadir juga mantan Wamendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim, Ketua Tim Inti Kurikulum 2013 Hamid Hassan, Dirjen Pendidikan Dasar Hamid Muhammad, Kepala Balitbang Furqon, dan Kepala BPSDMPK-PMP Syawal Gultom.

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2016