Pemkot Surabaya Buka Kios Pelayanan Publik

pemkot surabaya buka kios pelayanan publik

Pelayanan publik bagi warga Kota Surabaya sepertinya menjadi prioritas dalam penyelenggaraan pemerintahan Pemkot Surabaya. Sebelumnya Pemerintah Kota Surabaya telah membuka Pusat Informasi Pelayanan Terpadu secara online kali ini Pemkot Surabaya buka kios pelayanan publik bagi seluruh warganya.Dengan adanya Kios Pelayanan Publik ini melengkapi beberapa sistem pelayanan publik yang telah diresmikan sebelumnya.

Kios Pelayanan Publik dilengkapi dengan layar touchscreen, keyboard, scanner dan printer untuk mempercepat proses pelayanan. Pada Kios Pelayanan Publik ini juga terdapat pilihan bahasa yang terdiri dari bahasa jawa dan bahasa Madura demi memudahkan pemahaman warga. Melalui kios tersebut, warga Surabaya dapat melakukan layanan publik secara online sehingga tak perlu mendatangi loket dinas terkait. Baca juga : Inovasi Pelayanan Publik E-Samsat.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini ketika me-launching Kios Pelayanan Publik mengatakan, inovasi terbaru Pemkot Surabaya ini terdiri dari tiga menu utama dengan peruntukan yang berbeda. Tiga menu tersebut yakni Surabaya Single Window (SSW) khusus untuk perizinan, lalu e-Health untuk layanan kesehatan dan e-Lampid (layanan akta kelahiran-kematian-pindah-datang) untuk administrasi kependudukan.

“Ini teman-teman (SKPD Pemkot Surabaya) yang ciptakan. Kita buat kreasi sendiri dan ternyata bisa. Ini akan sangat memudahkan warga Surabaya. Saya kira, di Indonesia, kita yang pertama kali,” tegas Walikota Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya, Senin (10/11).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Antiek Sugiharti menambahkan, kios pelayanan publik dapat diakses di ratusan titik di wilayah Surabaya seperti di kantor kelurahan , kantor kecamatan, Puskesmas dan kantor SKPD Pemkot. Total ada 203 kios pelayanan yang akan kita berikan ke seluruh kelurahan, kecamatan dan beberapa Puskesmas. Warga bisa daftar layanan kesehatan dan Lampid serta perizinan.”Warga yang memiliki jaringan internet, bisa akses di rumah, kalau yang tidak punya, bisa memanfaatkan kios layanan ini,” ujar Antiek Sugioharti.

Dengan sebuah anjungan dengan berbagai pelayanan publik ini merupakan salah satu upaya Pemkot Surabaya untuk mempercepat proses pelayanan publik dalam rangka penyelenggaraan good governance dan memberikan kemudahan bagi masyarakat pemkot surabaya dalam mendapatkan informasi pelayanan publik.

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2016