PEMERINTAH LAKUKAN PENGURANGAN PNS

Pengurangan PNSPemerintah Lakukan Pengurangan PNS

Pemerintah akan melakukan pengurangan jumlah PNS sehingga mendapatkan jumlah PNS yang ideal dalam menyelenggarakan pemerintahan. Pasalnya, jumlah PNS yang ada sekarang jumlahnya mencapai 4,5 juta. Dengan jumlah tersebut dinilai masih terlalu banyak sehingga dapat membebani APBN serta mempertimbangkan bahwa kinerja birokrasi yang masih rendah.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menjelaskan bahwa rasionalisasi jumlah pegawai tersebut‎ merupakan bagian langkah efisiensi penggunaan anggaran. Sebab, anggaran belanja pegawai menyita puluhan triliunan rupiah dana APBN.

“Efisiensi di sektor belanja pegawai diharapkan bisa‎ memperbesar dukungan kepada peningkatan kualitas layanan publik,” ujar Bima kepada pers, Kamis (7/1).

Meski begitu, rasionalisasi ini akan dilakukan secara hati-hati. Jangan sampai PNS berkualitas‎ justru yang terjaring dalam proses rasionalisasi sehingga birokrasi merugi, lanjut Bima Haria.

“‎Proses rasionalisasi dilakukan dengan ekstra hati-hati agar birokrasi tidak rugi karena kehilangan aset SDM yang kompatibel mendukung realisasi kinerja pemerintah,” tandasnya.

Meski pemerintah lakukan pengurangan PNS mulai tahun ini, namun rekrutmen CPNS tetap dilakukan. Tapi, kesempatan hanya diberitakan terbatas, khusus dari lulusan sekolah-sekolah kedinasan, dan juga rekrutmen pegawai tidak tetap.

“Bukan berarti rencana pemangkasan jumlah pegawai selalu diartikan tidak ada peluang rekrutmen CPNS,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana di kantornya, Kamis (7/1).

Rekrutmen CPNS, lanjutnya, tetap dilakukan‎ di masa mendatang mengingat kebutuhan akan kader-kader muda berkualitas di birokrasi juga tinggi untuk mendukung komitmen peningkatan kualitas layanan publik.

Sumber JPNN

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2016