<

Pemerintah Kota Surabaya Raih FutureGov 2014

pemerintah, pelayanan publik, penghargaan, pemerintah kota, kinerja
Surabaya Single Window (SSW) yang memberikan pelayanan kemudahan perizinan  mendapat apresiasi internasional dan sebagai inovasi pelayanan publik terbaik kategori Future City versi FutureGov. SSW menyisihkan empat nominator, yakni i-MEMS dan Subang Jaya Municipal Council, (keduanya dari Malaysia),  NEA Haze dan HBD UEM (Singapura). Para nominator ini merupakan hasil seleksi dari sekian banyak aplikasi pelayanan publik pemerintah di beberapa negara, khususnya di wilayah Asia-Pasifik.
Dalam  ajang kompetisi internasional ini, Pemerintah Kota  Surabaya berhasil menempatkan sejumlah aplikasi pelayanan publik unggulan di beberapa kategori, yaitu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online untuk kategori Education, dan e-Payment untuk kategori Transformation. Sayangnya, tahun ini hanya sebatas masuk dalam nominasi saja.
Keberhasilan SSW menyabet FutureGov 2014 sekaligus mempertahankan tren positif Surabaya yang selalu mendapat penghargaan dalam dua tahun terakhir. Pada 2013, Kota Pahlawan bahkan mampu menggondhol dua penghargaan, masing-masing kategori Data Centre melalui Media Centre Pemkot Surabaya serta kategori Data Inclusion melalui Broadband Learning Centre (BLC). Baca juga : Inovasi Pelayanan Publik Akta Kelahiran Bandung.
Ini ketiga kalinya Surabaya menyabet penghargaan FutureGov. Pada 2013, Surabaya meraih dua penghargaan, yaitu kategori Data Centre melalui Media Centre Pemerintah Kota Surabaya dan kategori Data Inclusion melalui Broadband Learning Centre (BLC). Sedangkan pada 2012, Surabaya menempatkan Online Permits atau perizinan online yang kini disempurnakan menjadi SSW untuk kategori Future City of the Year.
Kabag Humas Pemkot Surabaya M. Fikser berharap, penghargaan ini dapat membantu mempromosikan Surabaya utamanya menjelang ASEAN Free Trade Area (AFTA) atau zona perdagangan bebas ASEAN pada 2015 mendatang. Apalagi, penyerahan FutureGov dilakukan di sela-sela rangkaian FutureGov Summit yang dihadiri 250 pimpinan/CEO dari negara-negara Asia seperti Singapura, Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam, Brunei Darussalam, Korea dan Jepang.
FutureGov merupakan lembaga nirlaba independen berskala internasional. Setiap tahun, FutureGov memberikan apresiasi kepada inovasi-inovasi pelayanan publik pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Di samping pemberian penghargaan dan forum internasional, lembaga yang berkantor pusat di Singapura untuk wilayah Asia-Pasifik ini juga memberikan fasilitasi pelatihan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Tahun ini, Surabaya mendapatkan kesempatan mengirimkan tiga pegawainya guna mengikuti training di Malaysia selama tiga hari. pemerintah.net

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 1 =

Pemerintah.net © 2018