<

Pemborosan Rapat ASN di Hotel Mencapai 5 Triliun

rapatdihoteldPemborosan Rapat ASN di Hotel Mencapai 5 Triliun. Itulah data yang dimiliki oleh Badan Pemeriksan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB) Yuddy Chrisnandi saat menjadi pembicara dalam Musyawarah Nasional (Munas) XVI Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) 2015 di Jakarta, Selasa (17/2).

Berdasarkan catatan BPKP, selama ini penyalahgunaan anggaran dari instansi pemerintah mencapai 30 persen. “Pemborosan dari rapat di hotel-hotel tersebut mencapai hingga Rp 5,122 triliun,” tandasnya. Baca juga : Pemerintah Susun Juknis Pembatasan Kegiatan ASN di Hotel.

Tidak hanya itu, menurut Yuddy ada banyak laporan dari manajer  hotelan mengenai pola pembukuan ganda.  Dia mencontohkan, jika peserta rapat yang hadir sebenarnya hanya 50 orang, namun yang tertulis dalam pembukuan 100 orang. Selain itu, jika harga satu kamar hanya Rp 450 ribu per malam, sering di-mark up menjadi Rp 600 ribu.

“Para manajer itu melaporkan kepada kami betapa repotnya mengurus PNS-PNS ini. Hal ini sudah berlangsung cukup lama, dan negara dirugikan akibat inefisensi tersebut,” kata Yuddy.

Menanggapi penjelasan Menteri Yuddy, kalangan pengusaha perhotelan menyatakan setuju terkait petunjuk teknis pembatasan rapat di hotel. Salah satu perwakilan PHRI, Hariyadi Sukamdi meminta agar Menteri PANRB segera menerbitkan petunjuk teknis sebagai acuan bagi pengusaha perhotelan. Baca Juga : Gerakan Hidup Sederhana.

Sementara itu, Ketua Umum PHRI, Wiryanti Sukamdani meminta agar ada nota kesepahaman atau MoU antara pemerintah dengan pengusaha perhotelan. Hal tersebut terkait adanya dugaan mark up yang dilakukan pihak hotel untuk membantu ASN melakukan penyalahgunaan anggaran negara.  “Jika anggapan pemerintah terkait larangan rapat di hotel karena adanya mark up, maka kami ingin melakukan MoU. Kami ingin agar pihak-pihak yang melakukan itu segera ditindak dan kami mendukung itu,” kata Yuddy.

Sumber : www.menpan.go.id

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2018