<

Muliakan Guru Dihari Guru

mulikan guru dihari guru

Muliakan guru dihari guru nasional. Mungkin itulah kalimat yang dalam beberapa waktu terakhir diserukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menjelang peringatan Hari Guru Nasional (HGN) pada tanggal 25 November 2014 besok yang juga bersamaan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Dimana pada tahun ini tema yang diambil adalah “Mewujudkan Revolusi Mental Melalui Penguatan Peran Strategis Guru”.

Hari Guru merupakan hari untuk memperlihatkan penghargaan terhadap guru, dan juga diperingati oleh beberapa Negara dibelahan Dunia pada tanggal yang berbeda-beda. Untuk itu Anies Baswedan mengajak seluruh masyarakat untuk me muliakan guru dihari guru dengan caranya sendiri sebagai investasi masa depan. “Nanti menjelang hari guru, datangi gurunya, salami, ucapkan terima kasih, cium tangannya, lalu tanya kabarnya,” ajak Anies pada peluncuran kegiatan Indonesia Wow di Gedung Radio Republik Indonesia (RRI).

Merayakan Hari Guru, menurut Anies, jangan hanya membiarkan para guru upacara, sementara masyarakat menonton. Menurut dia, Hari Guru adalah saat yang tepat bagi setiap orang untuk menengok para guru yang telah berjasa dalam hidup mereka.

Peran seorang guru dalam mendidik siswanya sangatlah luar biasa besar. Mengemban profesi guru bukan pengorbanan melainkan kehormatan. Dan sudah sepatutnya, setiap generasi memiliki tanggung jawab moral untuk memuliakan guru, menempatkan guru pada posisi yang dihormati. Baca juga : Profesi Guru Merupakan Sebuah Kehormatan.

Selain dengan memuliakan dan menghormati seorang guru, kita pun dapat mengurangi pengeluaran guru. Bagaimana caranya? Mendikbud mengatakan, bagi anggota masyarakat yang memiliki usaha, dapat memberikan potongan harga atau diskon khusus kepada guru. “Misalnya yang punya bengkel, beri diskon kepada para guru,” tuturnya.

Perlakuan khusus untuk guru tersebut diharapkan dapat mengurangi beban hidup guru. “Ini (guru) profesi mulia,” kata Mendikbud. Selain mengimbau masyarakat, Kemendikbud sebagai bagian dari pemerintah pusat juga telah mengajak sektor swasta untuk mendukung gerakan menurunkan pengeluaran guru.

Selain memuliakan guru, menteri dalam pemerintahan Kabinet Kerja ini juga mengajak semua pihak untuk mengubah cara pandang terhadap guru. Sosok guru sebagai garda terdepan dalam pendidikan generasi bangsa sering terlupakan, karena itu pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga seluruh lapisan masyarakat harus bergerak bersama dalam meningkatkan kualitas hidup guru. Mendikbud pun mengajak semua pihak untuk merenungkan bentuk apresiasi kita kepada guru. “Apa yang sudah kita lakukan untuk guru kita?”, katanya.

 

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2018