Moratorium PNS 2015 Keculi 5 Bidang

persiapan hadapi tes cat cpnsMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Yuddy Chrisnandi menyampaikan bahwa hanya lima lembaga yang tidak terkena moratorium atau penangguhan sementara pegawai negeri sipil (PNS) 2015.

“Ada guru, tenaga medis, agraria, infrastruktur, dan maritim,” ucap Yuddy seusai bertemu Wapres RI Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (22/12).

Yuddy menjelaskan lima bidang profesi itu tidak kena moratorium karena dirasa bersifat urgen dan menjadi prioritas bagi program pemerintah kedepan. “Misal, kalau satu daerah butuh ahli pengairan ya tentu kita rekrut, tapi kalau sekretaris atau penjaga sekolah kan sudah kebanyakan,” ucapnya. Keputusan ini sendiri dirasa Yuddy merupakan kebijakan yang mampu mendukung program pemerintah. Baca juga : Pemerintah berlakukan Moratorium penerimaan CPNS.

Mantan politikus Partai Hanura ini menambahkan bahwa moratorium tersebut berlangsung kurang lebih lima tahun. “Sejauh ini belum ada lembaga yang bisa kena tutup, begitupun kami minta semua melakukan audit formasi,” katanya.

Yuddy juga mengatakan saat ini kementeriannya menunggu laporan audit formasi dari lembaga-lembaga terkait. “Januari laporan harus sudah ditangan kami (Men PAN dan RB), jadi 2 minggu ini,” tuturnya.

Untuk diketahui, pemerintah mencanangkan kebijakan moratorium PNS 2015. Dasar pemerintah melakukan moratorium karena beban biaya pegawai yang dinilai begitu besar. Banyaknya PNS yang mencapai 4,82 juta orang dianggap menyebabkan kinerja kurang maksimal.

Terlebih, kata Yuddy, tak sedikit masyarakat yang menilai buruk kinerja PNS. Nantinya, Yuddy memastikan, penerimaan kembali PNS akan disesuaikan dengan hasil penataan organisasi, peningkatan kompetensi pegawai, dan urgensi kebutuhan pegawai.

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − eight =

Pemerintah.net © 2016