<

Mendikbud Berikan Anugerah Kihajar

 anugrah kihajar

Pemerintah tidak henti-hentinya berusaha untuk menggerakan seluruh elemen bangsa dalam rangka perkembangan pendidikan dan teknologi informasi. Sebagai apresiasi tersebut, Mendikbud memberikan Anugerah Kihajar kepada daerah yang telah meningkatkan pendayagunaan teknologi informasi komunikasi (TIK) di dunia pendidikan, pada acara Malam Anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar) 2014, di kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (20/11/2014). Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan kepada para kepala daerah yang terdiri dari 6 Gubernur dan 12 Walikota/Bupati.

Konsep Umum Kihajar (Kita Harus Belajar) merupakan suatu kegiatan (event) terpadu, terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang saling sinergi dan terkait satu sama lain. Rangkaian kegiatan tersebut dikategorikan ke dalam kegiatan besar yaitu anugerah, lomba, seminar dan pameran.

“Tahun ini merupakan tahun ketiga Kemendikbud memberikan apresiasi kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota atas segala upayanya dalam membuat kebijakan dan mengimplementasi TIK,” tutur Kepala Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemendikbud kepada media di kantor Kemendikbud sebelum acara malam anugerah berlangsung. Baca juga : Bioskop Keliling Kemendikbud.

Selain kepada pemerintah daerah, Anugerah Kihajar juga diberikan kepada para pemenang kuis Kihajar, Festival Video Pendidikan, dan Lomba Mobile Edukasi. Pelaksanaan pemberian anugerah didahului proses penilaian yang dilakukan sejak bulan Oktober s.d. November 2014. Penilaian dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari kalangan universitas, pakar, dan praktisi TIK, serta kalangan internal Pustekkom.

Pemberian Anugerah Kihajar yang telah diselenggarakan sejak tahun 2005 ini diharapkan dapat menjadi tolok ukur perkembangan TIK untuk pendidikan di Indonesia. Selain itu juga diharapkan dapat menjadi wadah tahunan bagi para pemangku kepentingan dalam memublikasikan karya, dan ide yang dapat memberikan inspirasi, serta informasi.

Adapun gubernur yang menerima anugrah kihajar adalah sebagai berikut.
1. Gubernur Kalimantan Tengah, Teras Narang
2. Gubernur Aceh, Zaini Abdullah
3. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo
4. Gubernur D.I Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X
5. Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak
6. Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus

Sementara untuk daerah Kabupaten/Kota didapat oleh :
1. Walikota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Irwansyah
2. Walikota Pekalongan, Jawa Tengah, Mohamad Basyri Ahmad
3. Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti
4. Walikota Sungai Penuh, Jambi, Asafri Jaya Bakri
5. Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’duddin Djamal
6. Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Yuswir Arifin
7. Bupati Kudus, Jawa Tengah, Musthofa
8. Bupati Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Harun Nurasid
9. Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Pangeran Khirul Saleh
10. Bupati Pati, Jawa Tengah Haryanto
11. Bupati Gowa, Sulawesi Selatan Ichsan Yasin Limpo
12. Bupati Pangkajenen dan Kepulauan, Sulawesi Selatan Syamsuddin A Hamid

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2018