Mekanisme Baru Pembayaran Uang Pensiunan PNS

pensiunDengan telah diterbitkannya Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) maka terjadi perubahan serta perbaikan dalam manajemen kepegawaian. Dan yang menjadi perhatian di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat ini adalah munculnya wacana perubahan konsep atau mekanisme baru pembayaran uang pensiunan PNS.

Wacana tersebut merupakan salah satu opsi pemerintah agar uang pensiun PSN tidak terus menerus membebani keuangan negara. Dan wacana tersebut akan dituangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) tentang pengubahan mekanisme pensiun PNS.

Mekanisme Baru Pembayaran Uang Pensiunan PNS

Perubahan sistem pembayaran pensiun tersebut adalah dengan mengubah konsep pembayaran pensiun dari Pay As You Go menjadi Fully Funded. Dan direncanakan segera direalisasikan pada tahun 2017. Yang mana sebenarnya rencana perubahan ini telah ada sejak tahun 2012 namun belum terealisasi.

‘Pay As You Go’ merupakan sistem pembayaran gaji pensiun PNS yang masih diterapkan saat ini dan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Seluruh pembayaran gaji pensiunan PNS dibayarkan secara langsung dari APBN setelah pegawai yang bersangkutan mulai memasuki masa pensiun.

Dengan sistem baru atau Fully Funded tersebut diharapkan pemerintah tidak lagi membayar uang pensiun ketikan PNS tak lagi aktif bekerja. Dengan begitu, APBN tidak terus menerus mengalokasikan dana untuk uang pensiun PNS.

Meski hal ini diakui oleh Kabiro Humas, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Tumpak Hutabarat baru sebatas wacana, tampaknya pemerintah akan memunculkan wacana lain untuk pembayaran uang pensiun PNS. Dimana pembayaran uang pensiun pegawai negeri mengikuti swasta atau sistem pesangon.

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Updated: 20/03/2015 — 20:47
Pemerintah.net © 2016