<

Langkah-Langkah Mewujudkan Pelayanan Prima

Langkah-Langkah Mewujudkan Pelayanan PrimaDalam kehidupan bernegara pemerintah memiliki fungsi memberikan berbagai pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat, mulai dari pelayanan dalam bentuk barang dan jasa yang ekonomis, efektif, efisien dan akuntabel dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang  pendidikan, kesehatan, utlilitas, dan lainnya. Oleh karena itu perlu adanya strategi dan langkah-langkah mewujudkan pelayanan prima oleh penyelenggara pelayanan publik sehingga pemerintah mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi masyarakat.

Berikut beberapa langkah-langkah mewujudkan pelayanan prima.

  1. Sosialisasi pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009.
  2. Perubahan paradigma dan mindset aparatur pemerintah.
  3. Menetapkan maklumat pelayanan dan konsisten dalam melaksanakannya
  4. Penyusunan dan Penerapan Standar Pelayanan Publik yang konsisten.
  5. Penyusunan Standar Operasional Prosedur.
  6. Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi terhadap kebijakan yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah sehubungan dengan pemberian pelayanan kepada masyarakat.
  7. Melaksanakan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.
  8. Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi penerapan OSS/PTSP-SA.
  9. Memberikan penghargaan kepada Penyelenggara pelayanan publik yang berprestasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Baca juga : Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik.
  10. Optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan IT dan melakukan inovasi secara terus menerus.
  11. Menyusun Instrumen Evaluasi Kinerja untuk Pemantauan Kinerja Kualitas Pelayanan Publik (PK2PP), dalam rangka memenuhi amanah Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
  12. Inventarisasi keluhan dan harapan masyarakat dan lakukan perbaikan segera.

Semoga tulisan langkah-langkah mewujudkan pelayanan prima yang singkat ini dapat bermanfaat dalam perbaikan kualitas pelayanan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2018