Kartu Jaminan Sosial diluncurkan Jokowi

karut jaminan sosial

Pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo kali ini menunjukan komitmennya untuk mensejahterakan rakyat Indonesia dan membangun kebijakan pemerintah yang berpihak kepada rakyat. Dan sesuai janjinya, Presiden yang sering melakukan blusukan ini meluncurkan 4 kartu jaminan sosial yaitu Kartu Keluarga Sehat (KKS), SIM Card (berisi uang elektronik), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).  Keempat kartu tersebut termasuk dalam Program Simpanan Keluarga Sejahtera, Program Indonesia Pintar dan Program Indonesia Sehat.

Secara bertahap, pemerintah akan membagikan kepada 15,5 juta keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia yaitu Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang menggantikan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) sebagai penanda keluarga kurang mampu. Selain KKS, Jokowi juga membagikan Kartu Sim Card yang berisi uang elektronik yang digunakan untuk mengakses Simpanan Keluarga Sejahtera, Kartu Indonesia Pintar, dan Program Indonesia Sehat.

Simpanan Keluarga Sehat adalah bantuan tunai bagi keluarga kurang mampu yang diberikan dalam bentuk rekening simpanan sebagai bagian dari strategi nasional keuangan inklusif. Sedangkan Kartu Indonesia Pintar diperuntukkan bagi anak-anak usia 7-18 tahun dari keluarga kurang mampu baik yang sudah terdaftar atau yang belum terdaftar di sekolah maupun madrasah.

Sementara itu, Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang merupakan perluasan dari program Jaminan Kesehatan Nasional yang telah diluncurkan oleh pemerintah sebelumnya digunakan untuk mendapatkan jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan. Kelebihan dari kartu ini adalah dapat digunakan untuk pencegahan dan pengobatan.

Peluncuran tahap awal dilakukan di 19 kabupaten/ kota di 9 provinsi yaitu Jembrana, Pandeglang, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Cirebon, Kota Bekasi, Kuningan, Kota Semarang, Tegal, Banyuwangi, Kota surabaya, Kota Balikpapan, Kota Kupang, Mamuju Utara, Kota Pematang Siantar, dan Karo.

Cara untuk mendapatkan kartu tersebut menunjukan KPS atau dapat juga dengan surat keterangan dari Kades dan Lurah serta membawa KTP/identitas lain ke kantor Pos sesuai jadwal yg ditentukan. Untuk pengambilan Simpanan Keluarga Sejahtera (uang elektronik) dilakukan dgn menggunakan SIM card melalui loket Kantor Pos.

Diharapkan dengan adanya Kartu Jaminan Sosial tersebut dapat digunakan secara bijak untuk kegiatan produktif, memastikan anak untuk terus bersekolah, menjaga kesehtan keluarga dan dapat dijadikan sebagai simpanan masyarakat.

 

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2016