<

Jadwal Ujian Nasional Tahun 2015

Ujian NasionalMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memastikan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tetap akan dilaksanakan pada tahun 2015 ini dengan penyampaian Jadwal Ujian Nasional Tahun 2015. Ujian Nasional atau UN tingkat SMA sederajad dilaksanakan sesuai jadwal sebelumnya yakni 13-15 April 2015. Sedangkan Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajad digelar 4-6 Mei 2015. Sementara UN SD dilaksanakan berdasarkan kebijakan tiap provinsi, bukan ditetapkan Kemendikbud.

Mendikbud Anies Baswedan pada jumpa pers mengatakan bahwa UN tak lagi menjadi tolak ukur kelulusan. Kemendikbud meminta bantuan pihak sekolah untuk melakukan evaluasi terhadap indikator lain di luar UN atas nama siswa yang bersangkutan. Baca juga : Penerapan Ujian Nasional Online SMA-SMK.

“Kementerian menyadari kita tidak bisa menilai kinerja mutu pelayanan pendidikan semata mata karena 1 indikator. Ada 8 standar pendidikan, UN hanya salah satu dari indikator itu,” jelas Anies.

Jumlah peserta UN tahun 2015 ini ada 7,3 juta siswa dari semua jenjang. Dibutuhkan biaya Rp 560 miliar untuk menyiapkan 35 juta eksemplar naskah UN.
Biaya persiswa Rp 80 ribu. Berbeda dari tahun lalu di mana jenis soal ada 20, tahun ini hanya 5.

Pengumuman kelulusan hasil UN SMA digelar 18 Mei 2015. Sedangkan pengumuman kelulusan UN SMP disampaikan 10 Juni 2015. Adapun UN SD dilaksanakan berdasarkan kebijakan tiap provinsi, bukan ditetapkan Kemendikbud.

Tanggal Penting Ujian Nasional :

jadwal ujian nasional

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2018