<

Inovasi Pelayanan Publik E-Samsat

e-samsat jawa barat

Sepertinya tiap instansi pemerintah saat ini telah berlomba dalam memberikan inovasi pelayanan publik bagi masyarakat. Sebelumnya Pemerintah Kota Bandung membuat sebuah inovasi pelayanan publik dalam pembuatan akta kelahiran melalui mobil keliling, kini masyarakat Jawa Barat dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online atau disebut dengan e-samsat. Inovasi Pelayanan Publik E-Samsat merupakan kerjasama antara Polda Jawa Barat, Bank Jawa Barat (BJB), Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Jawa Barat, dan PT Jasaraharja.

E-samsat ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan menghilangkan praktik pungutan liat. ’’Manfaatnya banyak, seperti memangkas birokrasi, tidak ada pungli, keamanan, dan tidak ada praktik percaloan,’’ papar Kepala Polda Jabar Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi yang hadir dalam peluncuran layanan e-samsat di Mall Ciwalk, Bandung, Jawa Barat (22/11) menyatakan, saat ini pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Korea Selatan dalam pemanfaatan teknlogi informasi dalam proses tata kelola kepemeritahan. E-samsat ini merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Kedepan seluruh pelayanan masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan teknologi informasi, sebab akan memudahkah, transparan dan menjauhkan dari proses birokrasi yang berbelit dan berbiaya tinggi. Baca juga : Kios Pelayanan Pubik Pemkot Surabaya.

Sementara itu, Direktur Komerial bank BJB Muhammad Irfan menambahkan, sistem e-Samsat adalah sebuah inovasi yang berbasis pada pemanfaatan sistem pelayanan online perbankan.

Cara pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui ATM bank bjb, diutarakan Irvan, melalui ‘SMS INFO’. Formatnya, ‘esamsat_nomor rangka_nomor KTP_alamat email’ lalu dikirim ke nomor 0811-211-921.

Inovasi Pelayanan Publik E-samsat Jabar merupakan sebuah layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, SWDKLLJ, dan regident kendaraan bermotor pengesahan STNK tahunan melalui ATM Bank BJB di seluruh Indonesia. Warga negara Indonesia yang memiliki kendaraan berplat Jawa Barat, dapat melaksanakan pembayaran melalui ATM Bank BJB.

Peluncuran tersebut dihadiri Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Yuddy Chrisnandi, Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, Kapolda Jabar M Iriawan, Wakakorlantas Polri Brigjen Sambudi Gusdian, Dirlantas Polda Jabar Kobes Pol Joko Rudi, perwakilan Bank bjb dan perwakilan PT Jasa Raharja.

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2018