<

Inovasi Pelayanan Publik Akta Kelahiran Bandung

inovasi pelayanan publik

Pemerintah daerah terus melahirkan inovasi-inovasi baru dalam pemberian pelayanan bagi masyarakat. Kali ini Pemerintah Kota Bandung membuat sebuah inovasi pelayanan publik dalam pembuatan akta kelahiran melalui mobil keliling. Inovasi ini terbukti dengan setiap pelaksanaannya, tidak kurang dari 500 pemohon mengajukan pembuatan akte kelahiran. Bahkan untuk lingkup desa atau kecamatan tertentu, permohonan tersebut melampaui jumlah lebih dari 1.000 (seribu) pemohon.

“Dalam hal pelayanan akte kelahiran ini, Kami telah melakukan upaya jemput bola, baik di kecamatan maupun di desa dan kelurahan. Setiap hari Rabu kita melayani di kecamatan, sedangkan di desa kami laksanakan sacara rutin, 2 (dua) kali dalam setiap minggunya dengan mendatangkan mobil pelayanan keliling,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kabupaten Bandung, Drs.H.Salimin, M.Si. di Gedung Korpri Soreang, Rabu (15/10).

Kemudian Walikota Bandung Ridwan Kamil mengakui, saat ini pembuatan akta dengan metode konvensional berdampak pada penumpukan berkas pengurusan akta.  “Orangtua jika bayinya sudah lahir langsung pulang ke rumah dan senang-senang dulu sampai akhirnya setahun kemudian baru datang untuk mengurus akta, sehingga terjadi penumpukan-penumpukan yang tidak perlu,” katanya. Baca juga Pemerintah Kota Surabaya Raih FutureGov 2014.

Ia menyatakan Kota Bandung telah memiliki 2 unit mobil akta kelahiran keliling yang akan beroperasi dan pihaknya berencana akan menambahnya lagi. “2 Mobil belum cukup dan pasti akan ada penambahan unit sampai minimal 6 supaya perputaran mobilnya tidak menunggu terlalu lama,” katanya.

lanjutnya, “Kalau saya jadi orangtua akan merasa senang, karena saat bayinya sudah lahir dan keluar rumah sakit, akta sudah ada jadi tak usah repot-repot membayangkan harus daftar dan antre”.  Ia menyampaikan optimistismenya  program ini akan berjalan efektif mengingat kemudahan dalam pelayanannya dan prosesnya. pemerintah.net

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2018