Inilah Kuota CPNS dan PPPK Tahun 2015

Pengumuman-CPNS-2013Pengadaan CPNS Tahun 2014 lalu hingga saat ini masih ada sebagian kecil Pemerintah Daerah yang belum mengumumkan hasil seleksi CPNS tersebut. Namun pemerintah telah menetapkan estimasi jumlah kuota CPNS dan PPPK Tahun 2015 ini. Jumlah penerimaan Aparatur Sipil Negara  (ASN) bagi pelamar umum tetap mendapat kuota yang lebih besar dibandingkan dengan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Meski kuota pegawai ASN masih dalam pembahasan karena disesuaikan dengan kemampuan anggaran negara, namun prosentasenya telah kita berikan estimasi. Yakni CPNS 60 persen dari kuota ASN dan PPPK 40 persen,” kata Syamsul Rizal, kabid Perencanaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kepada JPNN, Senin (23/2).

Besarnya jatah CPNS ini, lanjutnya, untuk mengisi jabatan-jabatan yang kosong karena PNS-nya pensiun. Mengingat belum PP PPPK belum turun, tahun ini pemerintah akan mengangkat CPNS terlebih dahulu.

Meski begitu dalam pengajuan usulan formasi setiap instansi wajib mencantum kebutuhan CPNS dan PPPK. Baca juga : Lambat Kirim Usulan, Pemda Tidak Dapat Jatah Formasi CPNS.

“Kuota PPPK tetap akan kita alokasikan agar ketika PP-nya  turun sudah bisa dilaksanakan rekrutmennya,” ucapnya.

Kuota CPNS dan PPPK

Sebelumnya, pada seleksi CPNS pada tahun 2014 jumlah formasi CPNS yang disediakan adalah sebanyak 71.200 kuota CPNS. Pelaksanaan seleksi tersebut seluruhnya dilaksanakan dengan menggunakan Sistem CAT.

Sumber : JPNN

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Updated: 24/02/2015 — 20:04
Pemerintah.net © 2016