<

INI FORMASI PRIORITAS CPNS TAHUN 2018

Pemerintah kembali menghembuskan angin segar bagi calon pelamar CPNS Tahun 2018 di seluruh indonesia. Pasalnya di tahun 2018 kemungkinan besar pemerintah akan membuka lowongan penerimaan CPNS baik itu di Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Hal ini didasarkan pada surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/750/M.SM.01.00/2017 tanggal 13 Desember 2017 hal penyampaian kebutuhan PNS Tahun 2018.

Dalam surat yang dikirimkan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian pada instansi pusat dan daerah menyebutkan bahwa setiap instansi diminta untuk melakukan validasi ulang terhadap usul kebutuhan pegawai yang diinputkan kedalam aplikasi e-formasi.

Usul kebutuhan pegawai tersebut nantinya merupakan gambaran kebutuhan formasi PNS Tahun 2018 dan menjadi bahan dalam pertimbangan pemerintah untuk menetapkan jumlah kebutuhan CPNS Tahun 2018 nantinya. Khusus bagi Pemerintah Daerah diminta untuk memperhatikan kemampuan APBD yang rasio belanja pegawainya harus berada dibawah 50%.

Formasi Prioritas CPNS Tahun 2018

Sedangkan untuk kebutuhan formasi jabatan CPNS Tahun 2018 diprioritaskan untuk mendukung program pemerintah yaitu Nawa Cita. Beberapa jenis jabatan yang diharapkan dapat mendung Program Nawacita dan rencana pembangunan jangka menengah nasional adalah jabatan yang melaksanakan tugas teknis dengan prioritas di bidang pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, pembangunan infrastruktur, pembangunan poros maritim.

Disamping itu juga, pembangunan ketahanan energi, pembangunan ketahanan pangan, penegak hukum, dan program dukungan reformasi birokrasi serta formasi khusus untuk Kementerian/Lembaga yang mempunyai lembaga pendidikan kedinasan, putra/putri lulusan terbaik dengan pujian/cum laude, penyandang cacat/disabilits, serta putra/putri berprestasi internasional.

Seleksi CPNS Tahun 2018 dilaksanakan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengumuman lowongan, pelamaran, seleksi (seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang), pengumuman hasil seleksi, masa percobaan, dan pengangkatan menjadi PNS.

 

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2018