Honorer K2 Masih Berpeluang Menjadi CPNS

Honorer K2Pengabdian para tenaga honorer k2 selama ini sepertinya akan menjadi jalan panjang dan berliku. Bagaimana nasib dengan Honorer Kategori 2 yang tidak lulus Tes pada tahun 2013? Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi menyatakan Honorer K2 masih berpeluang menjadi CPNS.

Menteri yang juga politikus Partai Hanura ini tengah merancang skema penanganan honorer kategori dua (K2) yang tidak lulus tes. Salah satu cara yang akan ditempuh adalah dengan menggelar tes lagi. Hanya honorer K2 yang lolos tes yang bisa diangkat menjadi CPNS.

Meski belum memastikan metodenya seperti apa, namun Yuddy sudah mengisyaratkan hanya honorer K2 yang lulus tes bisa diangkat CPNS. Bagi yang tidak lulus, bisa diangkat namun melalui tes CPNS lagi.

“Sedang kita rumuskan dan saya pelajari mekanisme rekruitmen pegawai sesuai dengan aturan UU Aparatur Sipil Negara (ASN). Yang jelas, bagi Honorer yang tidak lulus harus tes lagi untuk bisa menjadi CPNS,” tegas Yuddy kepada sejumlah honorer yang tergabung dalam Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) di Kantor KemenPAN-RB, Kamis (27/11).
Mengenai data verifikasi honorer K2 yang sudah dimintakan ke daerah, lanjut Yuddy, akan dijadikan dasar untuk nama-nama yang bisa ikut tes CPNS.

“Yang lulus tes dengan formasi tenaga kesehatan dan tenaga pendidik, bisa jadi CPNS. Yang lulus tapi usianya tidak memungkinkan lagi akan diarahkan ke Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” ujarnya.

Sedangkan honorer K2 yang bila dalam tes nanti tidak lulus juga, Yuddy menyerahkan kepada masing-masing Pemda. Apakah akan tetap dipekerjakan atau diberhentikan namun mendapatkan kompensasi.

“Kalau sudah beberapa kali tes selalu gagal dan usianya sudah lanjut ya Pemdalah yang ngurus. Kan Pemda yang angkat mereka,” pungkasnya.

Untuk diketahui jumlah tenaga honorer K-II yang mengikuti tes CPNS 2013 tercatat sebanyak 605.170 orang. Dari jumlah itu, 254.774 atau 42 persen diantaranya merupakan tenaga pendidik. Adapun tenaga kesehatan sebanyak 17.124 orang, tenaga penyuluh ada 5.585 orang, dan 327.696 orang, atau 54 persen merupakan tenaga teknis/administrasi. Dan data yang berhasil diterima oleh pemerintah.net telah meluluskan 164.482 orang tenaga honorer menjadi CPNS.

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2016