<

Pemerintah : Gerakan Hidup Sederhana

Gerakan Hidup Sederhana

Pemerintah saat ini terus membuat gebrakan baru untuk melakukan penghematan. Melalui 3 (tiga) Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, pemerintah mengajak seluruh penyelenggara negara untuk melaksanakan gerakan hidup sederhana. Tiga surat edaran tersebut adalah peningkatan efektivitas dan efesiensi kerja aparatur negara, pembatasan kegiatan pertemuan/rapat di luar kantor, serta gerakan hidup sederhana.

Kebijakan pemerintah itu merupakan upaya untuk mengefesiensikan anggaran yang digunakan dalam penyelenggaraan pemerintah dimana selama ini terjadi banyak pemborosan. Diantaranya adalah perjalanan dinas, rapat diluar kantor dan pengadaan barang/jasa yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Selain mendorong penghematan dalam penyelenggaraan negara, gerakan ini juga mengajak seluruh penyelenggara untuk hidup sederhana dan tidak menunjukan kemewahan. Kesederhanaan tersebut dapat dilakukan dengan pembatasan undangan acara pernikahan, tasyakuran dan acara sejenis lainnya.

Menurut Yuddy, cara ini dilandaskan kepemimpinan Presiden Jokowi untuk bersifat dan bersikap sederhana. “Kan ini juga bisa lebih murah, cetak undangannya cuma sekian, hemat makanan juga, biaya gedung enggak mahal,” imbuhnya.

Gerakan Hidup Sederhana ini merupakan bentuk pelaksanaan gerakan Revolusi Mental atau Revolusi Karakter Bangsa yang dikemukakan oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu juga kebijakan ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi tindakan korupsi, suap dan penyalahgunaan wewenang oleh penyelenggara negara untuk memperkaya diri sendiri.

Ketiga surat edaran tersebut merupakan tindaklanjut perintah Presiden pada Sidang Kabinet Kedua pada hari Senin (03/11). Yang mana dalam surat edaran tersebut ditujukan kepada Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pimpinan kesekretariatan Lembaga Negara, Pimpinan kesekretariatan Lembaga Non Struktural, Gubernur, Bupati dan Walikota Indonesia.

Download :

Surat Edaran KemenPAN-RB No. 10 Tahun 2014 tentang Peningkatan Efekivitas dan Efesiensi Kerja Aparatur Negara

Surat Edaran KemenPAN-RB No. 11 Tahun 2014 tentang Pembatasan Kegiatan Pertemuan/Rapat di Luar Kantor

Surat Edaran KemenPAN-RB No. 13 Tahun 2014 tentang Gerakan Hidup Sederhana

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2018