APLIKASI DAPODIK VERSI 4.1.0

Dengan dimulainya tahun 2016, tim dapodikdasmen telah meluncurkan aplikasi Dapodik Versi 4.1.0 yang merupakan aplikasi terbaru dapodik yang digunakan pada jenjang pendidikan dasar yang meliputi SD, SMP dan SLB. Dalam aplikasi ini didalamnya terdapat beberapa perbaikan dan pembaharuan dari aplikasi dapodik sebelumnya. Dan diharapkan dengan aplikasi ini akan memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada seluruh pemangku kepentingan pendataan pendidikan khususnya para operator dan pengguna data.

Download Aplikasi Dapodik Versi 4.1.0

Tahapan dan Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 4.1.0

dapodik versi 4.1.0Perbaikan   aplikasi   Dapodik   Pendidikan   Dasar   dari   versi   4.0.3   ke versi 4.1.0 akan   mengawal Pemanfaatan   data   Dapodikdas   untuk   berbagai   transaksi seperti penyaluran   tunjangan   guru, penyaluran  dana  BOS,  penyaluran  manfaat  Program  Indonesia  Pintar,  penyaluran  bantuan  sarana prasarana dan berbagai program lainnya, menuntut peningkatan kualitas data dari sisi kelengkapan, kebenaran dan kemutakhiran data serta integritas data.

Perbaikan dan pembaharuan dalam dalam aplikasi dapodik versi 4.1.0 dilakukan pada data PTK, sarana prasarana, Sekolah dan Peserta didik. Tampilan antar muka pengguna aplikasi generasi ke-empat yang sebelumnya masih dipertahankan dengan beberapa modifikasi tambahan guna tetap menghadirkan pengalaman yang nyaman dalam menggunakan aplikasi.

Perubahan jelas terlihat pada beranda yaitu adanya status pengguna kurikulum 2013 pada indentitas sekolah. Jika dinyatakan tidak diizinkan maka sekolah tidak dapat menggunakan kurikulum 2013 melainkan menggunakan Kurikulum KTSP.

Pada data PTK dan data rinci PTK terdapat perbaikan diantaranya penguncian nama, tempat lahir, tanggal lahir dan NUPTK pada tabel PTK serta penginputan NIK harus 16 digit pada tabel PTK. Sedangkan untuk pembaharuan adalah adanya fungsi untuk menonaktifkan data rinci PTK bila PTK bukan terdaftar disekolah induk.

Selain itu perubahan dan pembaharuan juga dilakukan pada Rombongan Belajar. Dimana adanya penambahan keterangan NUPTK dan NIK untuk isian pilihan guru yang mengajar mata pelajaran di tabel pembelajaran. Dan dilakukan juga perbaikan pada panjang karakter SK Mengajar menjadi 80 karakter pada tabel pembelajaran.

Aplikasi dapodik versi 4.1.0 ini dirilis dalam bentuk installer dikarenakan terdapat perubahan dan penambahan strktur database sehingga sebelum melakukan instalasi atau pemasang aplikasi ini pengguna diharuskan untuk melakukan uninstal Aplikasi Dapodik terdahuli. Anda dapat membaca cara instal aplikasi dapodik versi 4.1.0 disini.

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2016