CARA INSTAL DAPODIK VERSI 4.1.0

Sebelumnya tim dapodikmen telah meluncurkan aplikasi terbaru Dapodik Versi 4.1.0 yang digunakan pada jenjang pendidikan dasar yang meliputi SD, SMP dan SLB. Dikarenakan adanya beberapa perubahan dan penambahan pada fitur dari aplikasi tersebut termasuk perubahan struktur database maka aplikasi ini dirilis dalam bentuk instaler. Sehingga perlu dilakukan uninstal aplikasi dapodik terdahulu. Berikut cara instal dapodik versi 4.1.0.

Jika dibandingkan dengan update aplikasi dapodik terdahulu biasanya disediakan dengan atau dalam bentuk patch atau updater, kali ini aplikasi dapodik 4.1.0 dikemas dalam paket instaler. Sehingga sebelum melakukan pemasangan atau instal dapodik versi 4.10 maka perlu melakukan uninstal atau menghapus aplikasi dapodik terdahulu yang terpasang pada komputer/laptop. Jika sistem operasi yang anda gunakan dapat menghapus aplikasi melalui control panel.

Jika aplikasi dapodik terdahulu telah dihapus maka langkah selanjutnya adalah dengan mendownload aplikasi dapodik versi 4.1.0 dengan mengikuti link tersebut.

CARA INSTAL DAPODIK VERSI 4.1.0

 

CARA INSTAL DAPODIK VERSI 4

Sebelumnya siapkan bahan-bahan berikut untuk instal aplikasi dapodik versi 4.1.0 :

  1. Download aplikasi dapodik versi 4.1.0
  2. Download Prefill Dapodikdas dengan memilik jenis prefill dan memasukan kode

Selanjutnya Copykan prefill dapodikdas ke dalam folder prefill_dapodik yang biasanya terletak di drive c:/ atau drive system. Dan diteruskan dengan penginstalan aplikasi dapodik versi 4.1 hingga selesai.

1. cara instal dapodik versi 4.1.02. cara instal dapodik versi 4.1.03. cara instal dapodik versi 4.1.04. cara instal dapodik versi 4.1.05. cara instal dapodik versi 4.1.0 Pada tahapan ini harap menunggu beberapa menit untuk aplikasi melakukan konfigurasi server dan pendukung lainnya.

6. cara instal dapodik versi 4.1.0Instal dapodik versi 4.1.0 telah selesai. Untuk membuka aplikasi dapodik, jalankan browser (Mozilla Firefox, Chrome, Opera) pada komputer atau laptop. Untuk dapat login ke aplikasi, operator diminta untuk registrasi kembali. Setelah proses installasi selesai  pengguna  tidak  diarahkan  ke  halaman  login  melainkan  langsung  ke halaman  registrasi untuk  melakukan  registrasi  operator.  Pembaruan  ini  menambah  efektif  dan  efisien  proses installasi. Dianjurkan  menggunakan  alamat  email  yang  asli  dan  sama  dengan  alamat  email sebelumnya  hal  ini  dikarenakan  email  tersebut  akan  digunakan  sebagai akun single  sign  on (SSO) untuk masuk ke dalam aplikasi – aplikasi pemanfaatan Dapodik.

7. cara instal dapodik versi 4.1.08. cara instal dapodik versi 4.1.0Jika setalah memasukan data registrasi terdapat konfirmasi File prefill tidak ditemukan berarti file prefill belum dipaste pada folder prefill_dapodik yang biasanya terletak di drive c:/ atau drive system.

dapodik versi 4.1.0Itulah tahapan-tahapan dalam cara instal aplikasi dapodik versi 4.1.0. Mudahan tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih.

Sharing

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
Pemerintah.net © 2016